Membuat Awet Muda Dan Jantung Sehat, Inilah 9 Manfaat Minyak Zaitun

Candil Kuya - Minyak zaitun memiliki segudang manfaat baik yaitu untuk kecantikan maupun kesehatan. Mengandung vitamin yang bagus dan juga antioksidan, apa saja manfaat minyak zaitun ?

Minyak zaitun adalah minyak yang didapatkan dari hasil penggilingan buah zaitun. Minyak zaitun yang kaya manfaat berasal dari tanaman tradisional mediterania yang mengandung vitamin E, vitamin K dan antioksidan.
Manfaat Minyak Zaitun
Manfaat Minyak Zaitun

Sudah sejak lama sekali minyak zaitun dijadikan sebagai obat-obatan, bahan masakan, sabun dan juga kosmetik. Salah satu manfaat minyak zaitun adalah untuk melembabkan kulit kering serta membantu proses penyembuhan luka bakar ringan.

Dirangkum khusus oleh Saya, berikut manfaat minyak zaitun untuk kulit dan kesehatan:

1. Melembabkan Kulit

Manfaat minyak yang satu ini, salah satunya adalah melembabkan kulit. Sebagai pelembab alami yang sering digunakan untuk menjaga kelembapan kulit wajah dan juga rambut. Untuk mengatasi kulit yang kering, kamu cukup mengoleskannya ke wajah secara teratur.

2. Mengembalikan Kilau Alami Rambut

Minyak zaitun juga mengandung elemen kimia seperti asam oleat, asam palmitat dan juga squalene. kandungan tersebut,bisa disebut dengan emolien yang berfungsi untuk meningkatkan tekstur lembut rambut. 


Tak hanya kondisioner, manfaat minyak zaitun untuk rambut juga bisa membuat kembali warna kilau alami rambut kamu. Minyak zaitun juga kaya akan vitamin E, K dan juga antioksidan sehingga dapat melindungi keratin pada rambut dan menahan kelembapan rambut.

Minyak zaitun juga dapat menghilangkan penumpukkan sebum yang mengambat pertumbuhan folikel rambut baru dan menghambat pertumbuhan rambut.

3. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Bibir kamu sering pecah-pecah? Hal ini tentu saja bisa terjadi saat cuaca terlalu dingin atau terlalu panas. Saat bibir sudah mulai kering atau pecah-pecah, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasinya.

Manfaat minyak zaitun untuk bibir bisa dilakukan dengan mencampurkan 2 bahan sederhana yaitu madu dan minyak zaitun tersebut. Lalu oleskan pada bibir dan diamkan selama semalam. Keduanya dapat mengatasi bibir kering atau pecah - pecah dan juga membuat bibir semakin cerah merona.

4. Menghaluskan Wajah

Selain dapat menjaga kelembapan kulit, kandungan nutrisi dalam minyak zaitun dan antioksidan juga dapat memelihara kesehatan kulit dan mencegah keriput. 

Untuk menghaluskan wajah, minyak zaitun juga bisa dijadikan sebagai masker. Caranya, oleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah atau bisa juga mencampurkan minyak zaitun dengan 2 sdt cuka apel atau 1 sdt madu kemudian diaplikasikan secara mata pada wajah dan diamkan selama 15 menit. kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk bersih.

5. Membersihkan Sisa Make Up 

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang cenderung kering bisa coba membersihkan sisa make up dengan bantuan minyak zaitun. Bahkan Chloe Grace Moretz, model juga sekaligus aktris Amerika yang pernah dekat dengan Brooklyn Beckham ternyata rajin menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan wajahnya.

Minyak zaitun akan menyerap produk lain yang berbasis minyak sehingga cocok juga untuk membersihkan minyak kotor dari pori-pori agar wajah bersih.

6. Bikin Awet Muda

Manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah membuat kamu terlihat awet muda. Minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat memperlambat proses penuaan dini dengan menangkal radikal bebas.

Dikutip dalam detikHealth, dr Ervina Hasti mengatakan,"Buah zaitun sebagai sumber antioksidan untuk membantu melindungi tubuh dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Buah zaitun juga dapat mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri."

7. Mengobati Eksim

Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit bisa diterapkan untuk mengobati penyakit eksim (kulit merah dan gatal). Namun penelitian lebih lanjut tentu masih diperlukan untuk memperkuat pernyataan tersebut benar atau tidak bisa menyembuhkan atau mengobati penyakit eksim tersebut.

8. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat minyak zaitun juga bisa untuk kesehatan jantung karena tinggi kandungan antioksidan. Studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Porto, Portugal, menemukan adanya kandungan berbagai antioksidan seperti DHPEA-EDA pada minyak zaitun yang membantu dalam menjaga sel darah merah dari kerusakan.

9. Kendalikan Kolesterol

Hampir 80 persen kandungan lemak yang ada di dalam minyak zaitun tersebut merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam menambah tingkat HDL yang dikenal dengan kolesterol baik dan mengurangi LDL atau kolesterol jahat.

Sekian Artikel Tentang Manfaat minyak zaitun yang bisa membuat anda Awet muda Dan jantung Sehat , Semoga Bisa bermanfaat.
Baca juga :