7 Tips yang harus di perhatikan saat beli Laptop baru

Candil kuya - Di era modern seperti saat ini, laptop bisa dibilang sebagai salah satu barang yang sangat penting bagi beberapa kalangan. Mulai dari pelajar hingga pekerja tertentu yang harus menyelesaikan tugasnya di mana saja dan kapan saja.

Karena peran pentingnya ini, sebelum membeli laptop sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal. Jangan asal beli, karena takutnya laptop yang kamu dapatkan mudah rusak atau tidak tahan lama.

Di pasaran sendiri ada banyak laptop yang dijual dengan harga yang beragam dengan berbagai fitur canggih. Tapi sekali lagi, kamu harus selektif sebelum membeli laptop, agar bisa mendapatkan laptop berkualitas bagus dan tahan lama. Nah untuk membantu kamu memilih laptop yang berkualitas, candil kuya telah merangkum beberapa tips seperti berikut ini.

1. Perhatikan Desainnya Sebelum Membeli Laptop

Penampilan kerap jadi hal pertama yang kita lihat, termasuk pada laptop. Karena itu, sebaiknya kita memilih laptop yang memiliki desain elegan dan terlihat ciamik.
Desain laptop

Saat ini laptop yang dijual di pasaran sudah mengalami berbagai inovasi, terutama di segi desain. Jika dulu ada banyak laptop yang berukuran tebal, kini kamu bisa menemukan laptop yang super tipis. Jika dulu layar dan keyboard menyatu, kini ada laptop yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas-pasang atau dilipat hingga 360 derajat.

Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya kamu mencoba dulu demo pada unitnya. Coba pegang dan rasakan sendiri apakah laptop tersebut memiliki desain yang solid atau rapuh. Setelah yakin, baru mantapkan diri untuk membeli laptop incaran kamu.

2. Perhatikan Kenyamanan Keyboard Pada Laptop Incaranmu

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop adalah keyboard. Karena keyboard memiliki peran yang sangat penting saat kita menggunakan laptop.
Keyboard laptop

Jika kamu hendak menggunakan laptop dalam waktu yang lama, pastikan keyboard itu terasa nyaman di tangan. Hal ini disebabkan karena kenyamanan akan berpengaruh terhadap kinerjamu.

Dan yang perlu diperhatikan adalah jarak antar tombol, permukaan tombol hingga responsivitas saat kamu menekan tombol keyboard. Pastikan juga semua tombol bisa berfungsi dengan baik.

3. Daya Tahan Baterai Adalah Poin Penting Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Laptop

Sebelum membeli laptop, kamu wajib memperhatikan daya tahan baterai. Kebanyakan laptop yang beredar saat ini memiliki daya tahan baterai antara 6-8 jam.

Ketahanan baterai memang cukup sulit untuk diukur dan tergantung dengan pemakaian laptop, aplikasi yang dijalankan serta jenis prosesor yang dipakai. Karena itu, sebaiknya kamu membaca berbagai ulasan sebelum membeli laptop yang ingin dibeli.

Selain itu, pastikan juga untuk merawat baterai laptop dengan sebaik mungkin, agar performanya tetap prima. Caranya mudah, misalnya dengan tidak melakukan charge terus-menerus, tidak menunggu sampai benar-benar habis baru diisi dayanya, dan jangan mengisi daya laptop dalam keadaan mati.

4. Gunakan Prosesor Canggih Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Performa laptop ditentukan oleh prosesor yang digunakannya. Ada beragam jenis prosesor yang dijual di pasaran. Tapi yang perlu kamu ketahui, prosesor mana yang tepat untuk laptopmu.

Contohnya, AMD dan Intel sama-sama merek yang bisa diandalkan, tapi Intel terbukti memiliki performa yang lebih baik. Prosesor ini juga cocok digunakan untuk kamu yang menginginkan laptop tangguh dalam mengerjakan multimedia.

Tapi bukan berarti prosesor AMD tidak tangguh ya. Sebab prosesor ini baik digunakan untuk bermain game dengan frame per second yang cukup tinggi. Pada laptop yang mengusung prosesor AMD A8, sangat cocok untuk digunakan bermain games sekelas STA V. Karena tidak ada lag yang cukup mengganggu.

Perbedaan antara prosesor Intel dan AMD sendiri tidak jauh berbeda jika kamu menggunakannya untuk pekerjaan standar. Setidaknya, kamu membutuhkan prosesor minimal Intel Core i5 atau AMD A8 agar laptop tidak gampang nge-hang dan memiliki performa yang baik.

5. Pilih Laptop Yang Memiliki Kapasitas RAM Besar

Selain prosesor, RAM juga merupakan salah satu komponen penting yang bisa mempengaruhi kinerja laptop. Karena itu, kamu juga harus menyesuaikan berapa besar RAM yang dibutuhkan oleh laptopmu.

Kapasitas laptop biasa dengan laptop gaming tentu berbeda. Jika menggunakan laptop untuk gaming, RAM yang dibutuhkan tentu lebih besar. Dan semakin besar RAM yang dipasang, laptop bisa memainkan game-game yang berat.

Selain itu, fungsi RAM juga untuk menyimpan data sementara. Misalnya kamu sedang mengetik, baik di Notepad atau Microsoft Word, sebelum menyimpan di hard disk, maka RAM-lah yang akan membuat akses mengetik kamu beroperasi. Karena itu, kamu membutuhkan RAM besar agar laptop kamu tidak mudah nge-hang.

6. Kualitas Layar Sangat Penting Untuk Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop


Faktanya tidak semua laptop memiliki kuelitas layar yang baik. Karena itu sebelum membeli laptop baru, pastikan kamu mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya dan juga sudut pandang penglihatan layar.

Misalnya kamu membutuhkan laptop untuk mengerjakan grafis. Maka kamu bisa memilih laptop dengan panel display jenis IPS yang memiliki ketajaman dan akurasi warna yang tinggi serta sudut penglihatan yang luas.

Selain itu perhatikan juga ukuran layar laptop dan sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Orang-orang biasanya menggunakan laptop berukuran 14 inci, karena ukuran ini cukup standar, tidak terlalu besar maupun kecil.

7. Pilih Laptop Yang Memiliki Garansi Resmi Sebagai Antisipasi Jika Laptopmu Rusak Sewaktu-Waktu




Tips berikutnya yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop baru adalah pilih laptop yang memiliki garansi resmi. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu laptopmu mengalami kerusakan.

Tapi jangan khawatir karena kebanyakan laptop yang dijual saat ini sudah dilengkapi dengan garansi. Jika suatu saat laptop kalian rusak, tidak perlu membawanya ke tempat service laptop, tapi bawa saja ke tempat kalian membeli laptop sambil menunjukkan catatan garansi. Tapi perhatikan juga batas waktu garansinya, apakah masih berlaku atau tidak.

Demikian tujuh tips yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum membeli laptop. Jika kamu ingin mencari tahu tentang aplikasi yang bisa membantumu mengembangkan diri dengan mudah, simak artikel ini. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai situs gratis yang bisa kamu gunakan sebagai referensi penelitian.
Baca juga :