Cara Merawat Ikan Mas Koki

Candil.eu.org - Ikan mas koki atau lebih sering disebut sebagai ikan mas dengan nama ilmiah Carassius Auratus Auratus merupakan ikan air tawar yang berasal dari familia Cyprinidae serta Ordo Cypriniformes.

Ikan mas yang telah didomestikasi memiliki penampilan tubuh dengan sirip ekor ganda serta berbentuk bulat. Ikan mas koki memakan krustasea, serangga serta tumbuhan-tumbuhan air.

Ikan Mas Koki

Seperti kebanyakan jenis ikan lain, ikan mas koki ini merupakan ikan yang terus menerus makan, sehingga tidak dapat secara sadar dan sengaja berhenti makan. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi jumlah pangan ikan mas koki. Jika tidak, maka akan menyumbat usus ikan mas koki.

Ikan mas sendiri memiliki setidaknya 300 ras atau varietas yang berbeda. Beberapa varietas hanya dapat bertahan hidup apabila dipelihara di akuarium. namun di artikel kali ini saya tidak akan membahas jenis jenis ikan mas koki, namur di artikel kali ini saya hanya ingin membahas Tips dan Cara Merawat Ikan Mas Koki.

Tips dan Cara Merawat Ikan Mas Koki

berikut adalah tips singkat untuk perawatan ikan hias mas koki di akuarium:

Biofiltrasi

Kunci dari tehnik ini yaitu pemakaian media filtrasinya. Di antara media paling baik yaitu menggunakan matt sintetis buatan Jepang, yg sekarang ini banyak didapati di beberapa toko ikan hias. Media ini dapat lakukan penyaringan kotoran-kotoran ikan koki serta memperangkapnya, yg lantas dapat merangsang perkembangan bakteri-bakter nitrobacter didalamnya.

Aerasi yg digerakkan mesti cukup banyak serta waktu biofilter tsb sudah ter-cycled, maka environment akuarium/ kolam ikan tsb telah jadi stabil.

Bila Anda malas kuras air ikan, metode ini pastinya amat pas, di karenakan tak membutuhkan pengurasan air sekalipun. Tetapi demikianlah kekurangan yg ada yaitu bahwasanya dng air tak dulu diganti, mengakibatkan zat-zat atau mineral yg dibutuhkan ikan, yg dapat diperoleh dari air baru tak ada, hingga bisa mengakibatkan warna ikan jadi kurang cerah. Tehnik ini dapat disertai dng penggantian air parsial dengan cara teratur.

Air Hijau/ greenwater method

Tehnik ini biasanya digunakan di farm ikan koki dimanapun, terhitung metode sangat primitif, di karenakan membiarkan ikan air tawar di dalam kolam hingga airnya hijau disebabkan perkembangan lumut. Ingat, lumut yg tumbuh yaitu lumut air, bukan hanya lumut dinding kolam. Umumnya di farm, sesudah air jadi hijau, maka air dapat diganti keseluruhan dng air baru.

Metode ini bisa di kembangkan dng berupaya dengan cara berkelanjutan melindungi tingkat kehijauan air, dng langkah pada waktu air akan diganti, disimpan 1 ember air lama utk kedepannya dicampurkan dng air baru.

Karena diinginkan perkembangan lumut bisa berlangsung lagi lekas sesudah kolam baru dikuras. Keuntungan lain dari metode ini yaitu memaintain air hijau, hingga warna ikan jadi lebih cerah, di karenakan ikan mengonsumsi lumut yg ada di air tsb.

Metode ini amat baik utk kesehatan ikan, tetapi tak favorit di kelompok umur pengagum, di karenakan dng air hijau tsb, ikan koki yg ada didalamnya tak bisa dipandang.

Mekanikal filtering

Adalah tehnik menyaring kotoran padat yg ada di kolam atau akuarium, hingga air senantiasa tampak jernih. Ini tak menyaring kotoran terlarut di dalam air, namun kandungan ammonia tinggi bisa mengakibatkan ikan koki sakit atau mati. Ini mesti diimbangi dng penggantian air dengan cara teratur, penggantian 2 % tiap-tiap hari serta diimbangi dng pencucian media filter.

Ganti air

Di karenakan kandungan ammonia di air dikarenakan oleh kotoran ikan koki, maka tehnik yg dapat digunakan yaitu membuang kotoran ikan tsb dng di-siphon, dan dikerjakan penggantian air dengan cara teratur. Dengan lakukan siphon serta penggantian air 80% sejumlah 2 kali 1 hari, nyatanya jalan dng baik sekali serta perkembangan ikan didalamnya relatif tambah baik.

Penutup

Itulah Beberapa Tips dan juga cara merawat ikan mas koki yang berhasil admin tulis berdasarkan pengalaman dan juga pengetahuan yang dimiliki, semoga informasi di atas bisa bermanfaat.
Baca juga :