Daftar Perintah Termux 2022

Cara menggunakan Termux

Daftar Perintah Termux 2021

Candil Kfb - Termux adalah emulator terminal Android dan aplikasi Android lingkungan Linux yang bekerja langsung dengan root dan tanpa root. Sistem dasar Terminal diinstal secara otomatis – paket tambahan tersedia menggunakan manajer paket APT.

Ada Beberapa Perintah Dasar untuk Emulator Termux. Jika Anda sudah menggunakan sistem Linux dan Anda mengetahui perintah OS Linux, Anda dapat dengan mudah mempelajari perintah Termux ini.

Termux

Termux – Bersihkan Layar

Untuk menghapus semua konten layar, jalankan perintah clear.

clear

Termux – Direktori Kerja Saat Ini

Perintah ini akan memberi tahu Anda, direktori kerja Anda saat ini.

pwd

Termux – Mengubah Direktori

Perintah cd digunakan untuk mengubah direktori kerja kami saat ini ke direktori lain, ketik cd dan nama direktori Anda. Saya pindah ke direktori /home.

cd /home

Termux – Pindahkan Kembali Direktori

Jika Anda ingin satu direktori mundur dengan menggunakan cd .. Anda dapat dengan mudah memundurkan satu direktori. dan Anda ingin kembali dua direktori menggunakan cd ../../ perintah.

cd ..

cd ../../

Termux – Buat File Baru

dengan menggunakan perintah sentuh kita dapat dengan mudah membuat file

touch <file-name>

Termux – Buat Direktori Baru

Mkdir Singkatan untuk membuat direktori baru. Mari Ketik perintah mkdir dan berikan direktori dan gunakan celah spasi dan tekan tombol enter.

mkdir <new-directoy-name>

Cara Menghapus Direktori di Termux

hapus direktori apa pun dengan menggunakan perintah, cukup ketik rmdir <delete directory-name> dan tekan enter dan itu akan dihapus. hapus direktori dan isinya secara rekursif rm -r < nama direktori >

rmdir <directory-name>

rm -r <directory-name>

Termux – Hapus File

hapus file apa pun ketik rm <nama-file Anda> dan tekan enter dan itu akan dihapus dalam satu detik.

rm <file-name>

Termux – Ganti Nama File dan Direktori & Pindahkan File

The perintah mv adalah utilitas baris perintah Linux bahwa file bergerak atau direktori dari satu tempat ke tempat lain. rename filename ketik perintah mv <old-filename> <new-filename>

mv <old-filename> <new-overwirte-filename>

mv -r <currnet-file-location> <your-new-destination-directory>

Termux – Salin File dan Direktori

salin sumber file ke tujuan. ini adalah utilitas baris perintah Linux lainnya untuk menyalin file dan direktori. jika Anda ingin menyalin direktori, Anda harus menggunakan cp -r copy direktori dan isinya secara rekursif.

cp <filename> <new-filename>

cp -r <directory-name> <new-directory-name>

Termux – Editor File nano dan VI

Termux memiliki banyak editor baris perintah tetapi ada editor vi dan nano yang paling berguna. jika Anda sudah memiliki file jalankan vi <filename> masuk ke mode edit dengan menekan ( i ) setelah mengedit file tekan tombol ESC dan ketik ( :wq ) tulis dan cukup. baca lebih lanjut tentang editor vi .

nano adalah editor Termux lainnya ketik nano <filename> edit file Anda dan simpan file dengan menggunakan ( Ctrl+x ) dan ketik y untuk ya dan tekan enter lagi dan file Anda disimpan.

vi <filename>

nano <filename>

Termux – Baca Perintah Cat Konten File

Jalankan perintah cat dengan menggunakan argumen tambahan <your-read-file-name> dan semuanya terlihat di terminal di dalam file teks.

cat <filename>

Termux – Semua perintah Proses Latar Belakang yang sedang berjalan

Mengetahui semua proses yang berjalan di Termux Anda dapat dengan mudah melihat semua proses yang berjalan dengan menggunakan perintah teratas.

top

Termux – Ubah Izin dan Grup

Anda dapat dengan mudah mengubah setiap izin file dan mengubah grup kepemilikan file dan pengguna. untuk menambahkan izin eksekusi untuk menjalankan perintah. ( chmod +x <file-name> ) jika Anda ingin mengubah kepemilikan file jalankan perintah ( chown newuser:newgroup <filename> 

chmod (permission-mode) <filename>
chown (newuser:newgroup) <filename>

Termux – Klon Kode Sumber dari Github

Unduh proyek baru dan proyek kloning dari git hub jalankan perintah.

git clone <cloning url>

Termux – Unduh File wget dan curl

Jika Anda ingin mengunduh file melalui terminal. ada banyak alat unduh tetapi kami kebanyakan menggunakan alat ini. wget dan curl Anda dapat mengunduh setiap file dari internet dengan menggunakan alat-alat itu.

wget <download-file-url>

curl <download-file-url> -o <output-filename>

Termux – sejarah Semua Sebelumnya jalankan Perintah

memeriksa semua perintah run sebelumnya.

history

Termux Instal semua Paket Perintah 2021

Daftar semua Paket yang diinstal

The perintah akan menampilkan sebuah daftar dari semua paket yang terinstal termasuk versi paket.

dpkg --list

Instal Paket Baru

menginstal paket baru mari kita coba salah satu contoh instal python3. jalankan perintah < pkg install python3 > dan Anda melihat jenis promosi y untuk ya dan paket Anda segera diinstal. itu tergantung pada kecepatan internet Anda.

pkg install <package-name>

Hapus Paket yang Terinstal

Anda dapat menghapus paket apa pun dari daftar, cukup ketik pkg remove dan <remove-package-name>. ia akan bertanya kepada Anda. jika Anda ingin menghapus paket tekan y atau tidak n Setelah mengetik y paket akan dihapus secara otomatis.

pkg remove <remove-package-name>

Perbarui semua paket

perbarui semua paket lama yang diinstal

apt update && apt upgrade -y

Perbarui cermin Paket baru yang ditambahkan

Jika Anda menambahkan repositori baru di file source.list Anda. sebelum menginstal paket baru, Anda hanya perlu menjalankan perintah apt update.

apt update

Cukup Sekian Candilkfb Berbagi Daftar Perintah Termux Terbaru 2021, Semoga Informasi Yang Dibagikan Bermanfaat, Jangan Sungkan Untuk Berkunjung Kembali Di Blog Candilkfb. 

Baca juga :