Cara Membuat Ice Cream Homemade Ala Walls

Minuman Cara Membuat Ice Cream Homemade Ala Walls
Cara Membuat Ice Cream Homemade Ala Walls

Candil.eu.org - Cara Membuat Ice Cream Homemade Ala Walls, Ini resep Es Krim bunda Wardat El Quyun, super lembut dan anti gagal bunda.
Satu resep ini bisa jadi 70-85 cup, pernah bikin di waktu yang lain malah sampai jadi 95 cup. Pasti tertarik kan untuk mencoba resepnya, kalau buat untuk sendiri pastinya bisa muat berapa gelas/ mangkuk ini. Pesta es cream sudah se rumah. Yuk coba lihat bahan dan caranya bunda.

Cara Membuat Ice Cream Homemade Ala Walls

Bahan-bahan :

  • 2 sachet susu kental manis coklat/ putih (kemasan 34 gram)
  • 3 sachet susu bubuk kalau bisa yang FULL CREAM (Kemasan 14 gram) bisa diganti dengan pop ice atau ice blender
  • 1 sendok makan SP (CAKE EMULSIFIER ) tanpa di tim ya, kalau bisa pake SP Cortina special es krim
  • 2 Gelas belimbing air putih, setara dengan 500 mililiter 
  • 10 sendok makan gula pasir/ sesuai selera
  • 2 sendok makan maizenna dilarutkan ke dalam ½ gelas air hangat kuku
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat :

  1. Masukan air, semua susu bubuk dan kental manis, gula, dan garam. Masak hingga mendidih. Matikan kompor. Sisihkan.
  2. Lalu campurkan tepung maizenna yang sudah dilarutkan dengan air hangat kuku ke dalam adonan yang sudah mendidih tadi. Aduk - aduk sampai rata dan kental, kalau perlu nyalakan lagi apinya dengan api kecil, setelah mengental matikan kompor.
  3. Selanjutnya simpan di freezer kurang lebih 5-10 jam. Sampai benar-benar beku. Biar mudah beku bisa ditempatkan di plastik lalu ikat kencang.
  4. Kalau sudah beku, hancurkan es dengan cara ditusuk-tusuk menggunakan sendok/garpu. Saya sih Cuma dicacah sama pisau dapur.
  5. Kemudian mixer sampai agak lembut.
  6. Selanjutnya masukan 1 sdm SP, mixer lagi dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang 3-5x lipat.
  7. Jika suka, kita bisa membagi adonan jadi dua atau tiga bagian, lalu ditambahkan warna/perasa lain sesuai selera ya. Misal perisa cokelat atau greentea. Kemudian aduk lagi sampai rata. Atau kalau suka juga bisa ditambahkan pop ice sebagai perisa. Langsung dituangkan bareng SP-nya ya gak perlu dilarutkan di air.
  8. Setelah lembut, tuangkan ke cup ice cream. Garnish sesukamu jika mau.
  9. Satu resep jadi 70 cup (isi 50 mililiter). Sekitar 40-43 cup jika isi @80 mililiter.

Tips dan Trik seputar resep es krim :

  1. Mengembangnya adonan sangat ditentukan saat memikser adonan, karena itu pastikan mikser dengan kecepatan tinggi sampai benar-benar mengembang. Tiap - tiap mikser mempunyai karakteristik berbeda - beda ya, tergantung kualitasnya. Karena ada yang cukup dimikser 15 menit adonan sudah mengembang 5 kali lipat. Tapi ada juga yang sudah dimikser selama 30 menit, adonan cuma bisa mengembang 3 kali lipat.
  2. Jika mikser terasa panas, mikser bisa dimatikan dulu, lalu mikser lagi sampai benar-benar lembut dan mengembang. Ini jenis es krim soft yang emang lembut dan ringan kalau ingin tekstur lebih kokoh silahkan ditambahkan takaran skimnya. Nah skim itu bisa didapatkan dari susu bubuk full cream, susu UHT atau juga pada santan. Jadi silahkan dimodif tapi dengan takaran yang sama ya. Misal air 500 ml itu diganti dengan kombinasi santan 300 ml dan air 200 ml.
  3. Karena jenis es krim super lembut maka kalau freezernya gak maksimal akan sedikit susah membekunya. Disarankan menggunakan freezer special es krim atau kulkas 2 pintu. Karena teman - teman yang menggunakan kulkas 1 pintu ada yg ngeluh bekunya lama hehe. Kalau mau cepat beku dalam komposisi bahan bisa ditambahkan 2-4 sdm tepung hunkwee, dilarutkan bareng maizenna yah. Nanti tekstur yang didapatkan jadi kurang lembut sih, hanya saja jadi mudah bekunya dan gak gampang leleh. The choice is in yours hehe.
  4. Kalau mau dijual sebaiknya dibuat lebih kokoh ya bund.. biar tahan lama bekunya. 1 cup 50 ml itu harga jualnya 1000-1500 rupiah tergantung tempat dan pangasa pasarnnya sih. Kalau cupnya rada besaran kemasan 80 ml ya laku 1500 sampai 2000 rupiah ya.

Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan resepnya bunda ke teman, saudara atau tetangga biar berbagi dengan yang lain dan bermanfaat.

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Cara Membuat Ice Cream Homemade Ala Walls, Semoga Bermanfaat.

https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1598703840228954

  • Deskripsi

  • Tag

    Minuman