Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Domain TLD ( Top Level Domain )

Candil KFB - Top Level Domain dalam bahasa indonesia artinya domain tinggkat atas TLD adalah sebuah ekstensi dari nama sebuah domain dalam penulisannya biasanya diawali dengan simbol (.) titik atau biasa disebut dengan dot domain TLD yang sangat populer saat ini contoh nya .com .in .uk .org dan masih banyak lagi.


Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Macam-macam Domain TLD



  • .com  :  (comercial) digunakan untuk web komersial..
  • .edu   :  (education) digunakan untuk dunia pendidikan.
  • .gov   :  (government) digunakan untuk lembaga pemerintahan.
  • .mil    :  (military) digunakan untuk kepentingan militer.
  • .org   :  (organization) digunakan unutk organisasi atau lembaga non profit.
  • .biz    :  digunakan untuk kepentingan bisnis.
  • .net    :  (network) digunakan untuk organisasi jaringan.
  • .info  :  (information) digunakan untuk berbagai macam informasi baik personal maupun lembaga.


Kelebihan Menggunakan Domain TLD


#1. Memberikan kepuasan tersendiri

Saat anda menggunakan sub domain bawaan, tentu pernah merasa risih karena sub domain yang digunakan tidak bagus hingga membuat anda malas mengelola blog tersebut. Karena ketidak sukaan akan sub domain, anda memutuskan untuk menyewa sebuah domain top level yang mana membuat anda merasa puas karena berhasil mendapatkan domain yang anda sukai.

#2. Membuat alamat blog mudah diingat

Kelebihan lain dari penggunaan domain top level, yaitu menyingkat alamat blog dan memudahkan pengunjung dalam mengingat nama atau alamat blog anda. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan, karena jika pengunjung dapat dengan mudahnya mengingat nama blog, maka kemungkinan yang sangat besar mereka akan kembali lagi mengunjungi blog milik anda, tentu dengan catatan konten yang anda sajikan adalah konten yang berkualitas dan benar-benar bermanfaat untuk para pembaca.

#3. Blog akan terlihat profesional

Dengan mengganti sub domain bawaan blog menjadi sebuah domain top level, maka blog yang anda kelola semakin terlihat profesional. Profesionalitas sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya bagi para pengunjung, berbeda bila anda memutuskan untuk menggunakan sub domain bawaan saja dengan alasan murah. Tidak sedikit pengunjung yang akan menganggap blog anda jelek, tidak profesional, dan tidak mempercayai apa yang tersaja pada blog tersebut.

#4. Anda akan semakin rajin update

Selain karena faktor kepuasan tersendiri, dengan kehadiran domain top level maka dipastikan anda akan semakin rajin dalam mengelola dan update artikel baru. Hal tersebut terjadi karena biaya sewa domain yang tidak murah, menyebabkan anda tidak mau merasa rugi dan membuat anda semakin rajin dalam mempublikasikan artikel baru. Lama-kelamaan blog anda akan terisi dengan artikel baru yang memudahkan monetisasi serta akhirnya blog anda mampu menghasilkan uang (Balik modal deh).

#5. Meningkatkan harga jual suatu blog

Hal ini mungkin berlaku untuk anda yang mulai bosan dalam mengelola suatu blog, atau bisa jadi menjual blog memang menjadi tujuan anda sejak awal. Jika anda sedang berfikiran untuk menjual blog, maka domain top level bisa sangat membantu dalam “mendongkrak” harga suatu website/blog.
Bahkan harga jual bisa saja berkali-kali lipat lebih tinggi dari saat anda membeli domain tersebut walaupun blog anda merupakan blog kosong, hal ini bisa saja terjadi karena calon pembeli benar-benar menginginkan domain anda, atau karena kebetulan nama domain anda sama dengan nama perusahaan calon pembeli dan ingin menjadikan domain anda sebagai domain website perusahaan mereka.

Kekurangan Menggunakan Domain Top Level


#1. Harga sewa tahunan yang cukup mahal

Domain memang tidak bisa di beli selamanya, tetapi bisa disewa dalam jangka waktu yang cukup lama. Rata-rata penyedia domain memberikan harga sewa berdasarkan hitungan tahun dengan harga yang berbeda-beda tergantung Domain TLD yang anda ingin gunakan.
Harga sewapun akan semakin mahal lagi apabila anda menyewa domain lengkap dengan paket hostingnya. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan mengikuti layanan seperti Adsense atau menjual produk sendiri di blog. Agar mendapat pemasukan untuk membayar sewa tahunan tersebut.

#2. Susahnya mendapatkan domain yang diinginkan

Kekurangan kedua yaitu susahnya mendaftarkan alamat blog dengan nama domain yang diinginkan. Misalkan anda memiliki blog dengan nama “contohsaja.blogspot.com” maka belum tentu domain tersebut dapat didaftarkan, dan akhirnya anda perlu mencari nama lain yang masih tersedia untuk didaftarkan.
Kesulitan dalam mendaftarkan nama yang diinginkan terjadi karena Domain Top Level bersifat global, yang berarti anda harus berlomba-lomba dengan jutaan orang lainnya yang juga menginginkan nama domain seperti yang anda inginkan.

#3. Rank blog akan hilang dan perlu waktu untuk memulihkannya

Ini dia alasan untuk menggunakan domain top level sejak awal. Jika anda memutuskan untuk menyewa domain setelah blog yang anda kelola terkenal, maka segala macam backlink dan rank yang sudah anda kumpulkan saat masih menggunakan sub domain akan hilang dan sirna, anda perlu mengulang mencari backlink berkualitas dan memerlukan waktu cukup lama agar rank blog bisa bagus seperti sediakala.

itu tadi pembahasan tentang TLD (Top Level Domain) jadi jika anda membaca artikel ini dengan seksama dan teliti maka anda akan memahami apa yang dimaksud dengan TLD dalam pembahasan artikel kali ini, mungkin itu yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini jika ada pertanyaan kritik atau saran yang membangun silahkan tulis dikolom komentar, terima kasih.
Sumber Inspirasi » » »
http://kangtutorial15.blogspot.com/2017/11/apa-itu-domain-tld-top-level-domain_16.html
Baca juga :