Jarang Ada Yang Tahu Inilah 8 Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan

Health Jarang Ada Yang Tahu Inilah 8 Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan
Candil KFB - Manfaat daun jarak belum banyak diketahui oleh masyarakat. Tanaman kecil ini digadang-gadang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh karena dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan.

Daun jarak merupakan salah satu tanaman obat-obatan yang dipercaya mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Manfaat daun jarak dikenal bisa menyembuhkan berbagai penyakit pada manusia.

Daun Jarak ( source : liputan6.com  )

Penggunaan tanaman sebagai obat memang dikenal efektif karena sifatnya yang alami, sehingga tidak membahayakan tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Manfaat daun jarak bagi kesehatan bisa didapat dari pengolahan daun, buah, dan bijinya.

Mengenal tentang Daun Jarak


Sebelum mengetahui segudang manfaat daun jarak bagi kesehatan, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu apa itu daun jarak. Daun jarak atau Jatropa curcas memang sudah ada sejak zaman nenek moyang.

Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. Tanaman ini sudah terkenal mampu dijadikan sebagai bahan pengobatan sekaligus racun.

Untuk mendapatkan segudang manfaatnya, ada berbagai bagian tanaman jarak yang bisa digunakan. Mulai dari daun, biji, dan buahnya. Bukan tanpa sebab ada segudang manfaat yang dihasilkan dari daun jarak ini.

Ada beberapa kandungan zat penting yang dibutuhkan untuk tubuh seperti alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol, dan quercetin. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun jarak tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Ada yang bersifat sebagai antioksidan, anti-bakteri, anti-inflamasi, dan lain sebagainya yang penting untuk merawat fungsi tubuh. Jadi, walaupun tergolong tanaman liar, daun jarak memiliki segudang manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan Tubuh


Mengatasi Susah Buang Air Besar


Manfaat daun jarak pertama dapat membantu mengatasi susah buang air besar atau BAB. Untuk mendapatkan manfaat daun jarak ini, cukup gunakan daun jarak yang masih segar.

Kemudian cuci bersih daun jarak, kemudian dikukus hingga matang. Setelah itu santaplah daun jarak sebagai lalapan atau pendamping makan kamu.

Meringankan Sariawan


Manfaat daun jarak dapat meringankan sariawan. Kamu bisa menggunakan getah dari daun jarak yang dioleskan ke bagian sariawan.

Untuk mendapatkan getah dari daun jarak, kamu bisa meremas-remas bagian daun dan batang hingga getah muncul. Gunakan sedikit getah tersebut pada area yang terkena sariwan.

Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan Tubuh


Mengatasi Perut Kembung


Daun jarak juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung. Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa mengoleskan atau menempelkan daun jarak ke bagian perut kamu.

Siapkan beberapa daun jarak yang masih utuh, kemudian bersihkan daun jarak hingga tidak ada getah yang menempel. Setelah itu, berikan daun jarak dengan sedikit minyak kayu putih.

Lalu oleskan daun jarak tersebut pada perut dan bagian sekitar dada untuk memberikan rasa hangat. Kamu bisa menggunakannya semalaman ketika tidur.

Menurunkan Panas pada Anak


Manfaat daun jarak berikutnya dapat menurunkan panas pada anak. Untuk meredakan panas pada anak dengan menggunakan daun jarak, cukup siapkan 2 hingga 3 helai daun jarak yang sudah dicuci bersih.

Kemudian oleskan daun jarak dengan minyak kayu putih. Kemudian panaskan daun jarak tadi di atas api selama 2 menit atau hingga panasnya merata di seluruh permukaan daun.

Setelah daun hangat, letakkan daun tersebut di bagian perut dan punggung bayi. Untuk menjaga daun jarak tidak berubah posisi, kamu bisa memasangkan bedong atau selimut bayi agar tidak mudah lepas.

Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan Tubuh


Menghilangkan Kurap


Manfaat daun jarak selanjutnya dapat menghilangkan kurap. Manfaat daun jarak ini didapat dari adanya kandungan minyak yang memiliki senyawa aktif bernama asam undesilenat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, cukup cuci bersih daun jarak. Kemudian rendam di dalam minyak kelapa selama beberapa jam. Setelah itu panaskan minyak dan daun tersebut ke dalam panci.

Jika sudah siap, oleskan daun jarak tersebut ke bagian permukaan kulit yang terkena kurap. Kemudian tutup bagian tersebut dengan kain katun atau handuk kecil. Diamkan semalaman untuk melihat hasilnya. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin hingga kurap menghilang.

Mengobati Rematik


Manfaat daun jarak berikutnya mampu mengobati rematik. Untuk mendapatkan manfaat daun jarak ini, kamu bisa menggunakan air rebusan dari daun jarak.

Siapkan lima hingga delapan lembar daun jarak. Kemudian tumbuk hingga halus bersama sedikit air hangat. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami rematik. Lakukan setidaknya tiga kali sehari hingga kondisinya mereda.

Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan Tubuh


Menstabilkan Kadar Gula Darah


Daun jarak juga dapat menstabilkan kadar gula darah. Untuk mendapatkan manfaat daun jarak ini, kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun jarak secara rutin. Pada penderita diabetes, daun jarak dapat mencegah kadar gula darah naik.

Memperbaiki Kerusakan Hati


Menurut sebuah studi, ekstrak daun jarak terbukti dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan hati yang disebabkan oleh galactosamine. Selain itu, ekstrak daun jatak juga dapat mengobati peradangan.

Semoga bermanfaat dan bisa dicoba dirumah ya, terima kasih.
Sumber Inspirasi » » »
https://hot.liputan6.com/read/4157743/8-manfaat-daun-jarak-bantu-mengatasi-masalah-kesehatan
  • Deskripsi

  • Tag

    Health