7 Penyebab Sering Menguap Bukan Karna Kurang Tidur , Ini Alasannya !

Health 7 Penyebab Sering Menguap Bukan Karna Kurang Tidur , Ini Alasannya !
Candil KFB - Seberapa sering Anda menguap? Menguap adalah respons tubuh terhadap kelelahan, rasa kantuk, hingga stres. Faktanya, sering menguap bisa menandakan suatu gangguan kesehatan. Sayangnya, sebagian orang masih suka menyepelekan penyebab sering menguap.

Sebenarnya, sering menguap bukanlah kondisi medis yang seharusnya diselepekan. Agar tidak dipandang sebelah mata lagi, mari kenali beberapa penyebab sering menguap ini.


Sejatinya, menguap adalah tindakan secara tak sengaja, yang dilakukan tubuh, jika merasa kelelahan. Dalam proses menguap, mulut akan terbuka, dan menarik napas dalam-dalam, sehingga paru-paru terisi dengan udara. Jika Anda menguap lebih dari sekali dalam kurun waktu 1 menit, itu tandanya, Anda sudah mengalami keseringan menguap. Jika hal ini terjadi, Anda harus mulai waspada, karena ada kondisi medis yang bisa menyebabkannya. Apa saja penyebab sering menguap itu?

1. Masalah tidur

Salah satu alasan paling umum, mengapa Anda bisa sering menguap, adalah kelelahan dan mengalami masalah tidur. Jika kurang tidur, maka Anda akan sering menguap.


Ada tanda saat Anda mengidap masalah tidur, yaitu Anda sulit berkonsentrasi, Anda memiliki refleks dan respons yang lambat, Anda lebih mudah marah, tidak semangat maupun termotivasi, Anda sering nyeri otot. Jika Anda memiliki masalah tidur, konsultasikanlah dengan dokter, untuk mencari solusi, dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

2. Gangguan kecemasan

Jangan berpikir bahwa sering menguap, hanya disebabkan oleh rasa letih dan kurang tidur saja. Gangguan kecemasan juga bisa menjadi penyebab sering menguap. Sebab, gangguan kesehatan mental ini, bisa berdampak pada jantung, sistem pernapasan, dan tenaga. Jika seseorang sedang merasa cemas, akan ada potensi untuk lebih sering menguap. Jika rasa cemas semakin tinggi, maka menguap pun akan lebih sering.

3. Pengobatan

Beberapa pengobatan, bisa menyebabkan rasa letih dan kantuk, melanda. Kedua efek samping ini, bisa menjadi penyebab sering menguap.

Beberapa pengobatan di bawah ini, bisa menjadi penyebab sering menguap, yang Anda rasakan:


  • Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs)
  • Antihistamin
  • Beberapa obat penghilang rasa sakit (pain killer)


Jika Anda berencana untuk menghentikan beberapa pengobatan di atas, demi menghindari sering menguap, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, sebaiknya Anda tidak menghentikan pengobatan, tanpa pengawasan dokter.

4. Depresi

Selain gangguan kecemasan, depresi menjadi masalah kesehatan mental lainnya, yang menjadi penyebab sering menguap. Depresi disebut bisa menyebabkan seseorang sering menguap, karena obat antidepresan, atau rasa letih yang disebabkan oleh depresi itu sendiri. Jika Anda mengalami depresi dan sering menguap, berkonsultasilah dengan dokter, untuk mencari alternatif obat-obatan antidepresan, yang tidak menyebabkan efek samping sering menguap. Selain itu, dokter akan mencari tahu penyebab lain sering menguap yang Anda alami.

5. Masalah jantung

Penyebab sering menguap lainnya, juga bisa dikaitkan dengan saraf vagus, yang membentang dari bagian bawah otak, ke jantung dan perut.

Dalam beberapa kasus, penyebab sering menguap berpotensi disebabkan adanya pendarahan di sekitar jantung, atau bahkan serangan jantung.

Beberapa gejala masalah jantung adalah sakit di dada, sesak napas, rasa sakit pada tubuh bagian atas, mual, pusing. Jika hal-hal ini terjadi, jangan buang waktu dan segera kunjungi dokter, untuk berkonsultasi dan mencari solusi.

6. Epilepsi

Penderita epilepsi juga bisa merasakan sering menguap. Biasanya, sering menguap akan terjadi sebelum atau saat kejang berlangsung. Para pengidap epilepsi, juga bisa sering menguap, karena kelelahan yang disebabkan oleh epilepsi itu sendiri.

7. Gagal hati

Dalam tahap tertinggi gagal hati, penderitanya bisa sering menguap. Beberapa peneliti percaya, hal ini disebabkan rasa letih, yang diakibatkan oleh gagal hati. Di bawah ini adalah gejala gagal ginjal, yang perlu Anda ketahui:


  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare
  • Kebingungan
  • Merasa sangat mengantuk di siang hari
  • Edema (pembengkakan) di tangan, kaki
  • Kelebihan cairan di dalam perut


Gagal hati adalah kondisi medis yang sangat serius. Maka dari itu, rutin berkonsultasi ke dokter, adalah hal yang jangan sampai dilewatkan.

Jadi, kira-kira mengapa Anda menguap berlebihan?
Jika menguap terus menerus dan tidak seperti pada normalnya segera periksakan diri ke dokter ya supaya lebih tau sakit apa yang di derita karna seringnya menguap.
Sumber Inspirasi » » »
https://gaya.tempo.co/read/1295951/sering-menguap-bukan-hanya-karena-kurang-tidur-ini-7-penyebabnya/full&view=ok
  • Deskripsi

  • Tag

    Health