Tips Seorang Blogger dan Kesalahan Yang Harus Dihindari Oleh Pemula

blogging Tips Seorang Blogger dan Kesalahan Yang Harus Dihindari Oleh Pemula
Candil - Tidak ada cara benar atau salah untuk blogging. Blogging dianggap menyenangkan karena tidak bersifat serius. Kita bisa selalu kembali dan mengedit apa yang kita tulis, dan biasanya postingan berumur lebih dari seminggu dengan cepat terlupakan.

Tapi memiliki blog bisa memberi banyak keuntungan. Anda bisa gunakan blog sebagai tempat untuk menyalurkan ide dan pemikiran. Ada juga orang yang melakukan blogging dengan tujuan berbagi perjalanan dan pelajaran hidup dengan orang lain.

Tips Dan Kesalahan Blogger Pemula
Tips Dan Kesalahan Seorang Blogger Pemula

Sebelum masuk ke tips blogging untuk blogger pemula, ada baiknya Anda tahu kenapa Anda perlu membangun blog.


  • Blogging dengan cepat menjadi cara komunikasi dan menyebarkan informasi dan berita paling populer. Ada banyak sekali blog online tapi jangan takut, Anda bisa membuat blog Anda menonjol dan terlihat.
  • Blogging jadi cara untuk mengekspresikan diri dan juga sarana untuk berbagi info dengan orang lain.
  • Anda menjadi penulis yang lebih baik.
  • Alasan yang paling menggiurkan adalah Anda bisa memperoleh uang dari blogging.

Tips Seputar Blogging Untuk Pemula

Dengan memiliki blog sendiri, Anda memiliki lebih banyak kontrol, kreativitas, dan fleksibilitas ketika dibandingkan dengan bentuk media sosial lainnya. Tips berikut hanya berupa saran sebagai cetusan ringan untuk mendorong pemikiran Anda. Tidak ada benar atau salah di sini.

Tulis Apa yang Anda Sukai


Apa isi blog Anda? Tentang memasak? Pengasuhan anak? Kerajinan tangan? Apapun isinya, pastikan itu adalah yang Anda sukai. Memelihara blog adalah sebuah kerja keras. Jangan memulainya bila Anda tidak suka menulis beberapa hari dalam seminggu. Bila Anda tidak memiliki passion pada topik yang Anda pilih, tidak banyak yang bisa Anda tawarkan ke pembaca dan mereka akan segera pergi dari blog Anda.

Blog adalah tentang ide yang sesuai dengan Anda. Jadi coba pikirkan dimana passion Anda. Satu hal yang harus dihindari adalah terjebak di giveaway sebagai usaha untuk memperoleh pembaca. Ada beberapa blogger bagus yang menurun kualitasnya karena terobsesi mengadakan giveaway.

Memang menyenangkan sesekali menjadi host giveaway. Kecuali Anda memang berdedikasi untuk melakukannya, ini bukan cara utama yang membuat pembaca datang pada Anda.

Mereka datang karena konten Anda. Yang Anda mau adalah pembaca yang suka membaca apa yang Anda tulis, bukan pembaca yang sign up untuk masuk ke giveaway yang Anda adakan. Ini bukan cara membangun audiens yang tepat. Baca lebih lanjut artikel kami tentang menulis di sebuah blog.

Jadi Berbeda dari yang Lain


Apapun yang Anda pilih sebagai topik blog, mungkin ada banyak blogger lain memiliki topik yang sama seperti Anda. Jadi pikirkan cara agar blog Anda berbeda dengan yang lain. Bila blog Anda tentang membuat kerajinan tangan misalnya, lihat apakah Anda bisa mendapat ide yang tidak dilakukan kebanyakan blogger lain. Contohnya Anda bisa buat blog kerajinan tangan untuk anak laki-laki. Ini ide yang cukup cerdas karena kebanyakan kerajinan tangan dikhususkan untuk anak perempuan.

Lihat blog lain yang memiliki genre sama dengan Anda dan ubah sedikit milik Anda. Jika blog Anda tentang memasak, Anda bisa mengadakan reader submission bulanan, dimana pembaca mengirim resep. Anda mempraktekkan resep tersebut, memilih pemenang, dan memberikan hadiah. Kedengaran meyenangkan, apalagi bila belum ada yang melakukan ini. Mungkin bagian utama dari blog Anda sama seperti yang lain, tapi lihat apa yang bisa Anda lakukan dengan sesuatu yang berbeda.

Menulis Seperti Ketika Anda Bicara

Orang suka membaca blog yang kepribadian penulisnya terpancar di kata-kata yang tertulis. Pembaca merasa seperti mereka tepat di berada depan Anda dan berbagi pemikiran mereka. Postingan jadi lebih menarik dan mudah dibaca. Biarkan kepribadian Anda bersinar. Biarkan pembaca membangun koneksi dengan Anda ketika mereka membaca konten Anda.

Buat blog yang bersifat kasual, orang akan lebih menyukainya. Tapi ini bukan berarti Anda menggunakan kata-kata yang tidak layak, cukup jadi diri Anda dengan cara yang baik.

Bila Anda tidak ingat perbedaan arti kata tertentu atau sulit mengorganisasikan ide Anda, sebaiknya tunda dulu menulis blog. Pembaca bisa memaklumi penggunaan tanda baca koma yang keliru atau kesalahan semacamnya, tapi tidak untuk penggunaan kata.

Konten yang Bagus Jadi Kuncinya


Tulis konten yang Anda sendiri ingin membacanya. Anda memang tidak bisa membuat semua orang senang. Tapi lakukan usaha untuk menjadi lebih kreatif. Misalnya Anda membuat postingan tentang ide permainan yang baik untuk anak. Orang membuka konten Anda dan permainan yang Anda sarankan ternyata sudah biasa. Sudah banyak yang membahasnya. Buat blog Anda menonjol dengan konten yang bagus, kreatif, membantu, dan menginspirasi.

Kemampuan Fotografi


Bila ingin blog terus tumbuh, skill fotografi Anda perlu ditingkatkan, kecuali Anda sudah jadi seorang fotografer profesional. Fotografi yang baik akan sangat bermanfaat bagi blog Anda. Anda ingin pembaca membagikan konten Anda. Bila konten sangat bagus tapi gambarnya jelek, mereka masih akan membagikannya. Tapi pembaca akan membagikannya berkali lipat bila Anda memiliki foto yang menarik.

Misalnya tentang  resep. Resep terbaik bisa memiliki gambar terburuk dan beberapa resep terburuk bisa memiliki gambar terbaik. Tapi Anda tentu tahu yang mana yang orang pilih dan bagikan. Ada banyak buku fotografi di luar sana, tutorial online, dan kelas yang bisa Anda ambil. Anda juga bisa lakukan Pinterest search dan temukan yang bagus yang orang suka. Bila gambar Anda terlihat profesional, blog Anda juga akan terkesan profesional. Baca cara menghasilkan uang dari blog di artikel kami lainnya.

Kesalahan yang Biasa Dilakukan Blogger Pemula

Berikut ini beberapa tips untuk menghindari kesalahan yang umum dilakukan blogger pemula:

Tidak Mengenal Audiens Anda


Satu kesalahan paling umum yang dilakukan blogger adalah mereka tidak tahu siapa yang jadi target audiens. Mereka menciptakan konten tentang banyak hal tanpa menyadari apakah pembaca mau membacanya.

Sebelum mulai menulis, Anda harus punya gambaran yang jelas tentang siapa yang Anda targetkan. Setelah itu, Anda perlu melakukan riset tentang apa yang ingin dibaca oleh target audiens Anda.

Inkonsistensi


Banyak blogger baru mulai dengan bersemangat tapi seiring waktu mereka mejadi inkonsisten, tidak sering blogging, tidak dekat dengan pembaca, atau menulis artikel sekenanya.

Mempertimbangkan jumlah blogger dan konten yang menyerang kita setiap harinya, menjadi inkonsisten bisa jadi kesalahan fatal seorang blogger. Pembaca akan lupa tentang Anda dengan cepat dan Anda akan kehilangan semua sumber traffic Anda.

Sebelum mulai blogging, coba atur tugas dengan cara yang realistis agar Anda selalu tahu apa yang harus dilakukan. Buat kalender editorial bulanan untuk ide posting blog dan tulis sebanyak mungkin. Setelah menerbitkan satu posting, pastikan Anda punya waktu untuk mempromosikannya.

Search Engine Optimisation


Ketika bicara tentang SEO, ada dua kelompok blogger berbeda, yang menulis hanya untuk kepentingan search engine, atau tidak mempertimbangkan search engine sama sekali. Untuk kelompok pertama, menulis hanya untuk masuk peringkat bisa membuat posting malah tidak terbaca. Menggunakan kata kunci tidak membuat Anda masuk sejauh itu dalam SEO.

Sebaliknya, ada mereka yang sangat tidak mempertimbangkan SEO ketika menciptakan konten, baik karena terlalu rumit atau mereka tidak menyadari perlunya strategi SEO. Anda bisa membuat SEO mudah bahkan sebagai seorang pemula, dengan plugin seperti SEO Yoast yang memberitahu Anda dengan pasti apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan blog post.

Bukan Semata Tentang Anda


Baik sebagai individu atau perusahaan, banyak blogger membuat kesalahan dengan terlalu banyak bicara tentang diri sendiri. Untuk kasus individu, tak ada yang sangat peduli tentang Anda atau hidup Anda, yang mereka inginkan adalah informasi yang Anda janjikan. Yang mereka cari adalah nilai dari konten Anda,  bukan apa yang Anda lakukan belakangan ini atau seberapa buruk sakit yang Anda derita. Tapi ini bukan berarti Anda tidak boleh menyuntikkan hal pribadi dalam tulisan Anda, atau cerita tentang diri Anda, hanya saja Anda tidak boleh berlebihan melakukannya.

Di blog bisnis, banyak yang sering bicara hanya tentang diri mereka, produk mereka, kenapa orang harus menggunakan produk mereka, dan apa yang membuat produk mereka sangat baik.  Ini tidak membuat orang ingin membaca blog Anda. Lagi pula kebanyakan mereka tidak percaya pada Anda atau pendapat Anda bila yang Anda lakukan hanya bicara tentang apa yang membuat produk Anda bagus.

Tidak Memiliki Niche yang Kuat


Satu kesalahan besar yang diperbuat blogger adalah menjadi semuanya bagi semua orang. Semakin jelas dan terdefinisi misi blogging Anda, berarti Anda mengembangkan niche yang fokus dan bernilai.

Misalnya, bila blogger tentang perbankan tertarik dalam lead generation untuk pinjaman bisnis kecil, ia tidak perlu buang waktu dan energi mencoba menulis tentang pasar hipotek. Tapi ia perlu fokuskan energi pada niche dan topik menarik dalam pinjaman untuk bisnis kecil. Ini dimaksudkan untuk kekayaan topik yang lebih spesifik dan lebih menarik serta informatif bagi kelompok orang yang lebih kecil. Tertarik dengan bisnis kecil? Baca info kami tentang ide mengembangkan bisnis kecil.

Mencakup Terlalu Banyak Topik


Kesalahan lain yang dilakukan blogger adalah mencakup terlalu banyak topik. Banyak blogger ingin tampil untuk sebanyak mungkin audiens jadi mereka menulis tentang banyak topik. Masalahnya adalah lingkup blog bisa menjadi hilang dan mungkin tidak menarik bagi audiens. Mendefinisikan beberapa area kunci yang blog post akan cakup bisa dengan baik mengasah konten dan memfokuskan pengetahuan dan keahlian blogger.

Tidak Berkomitmen pada Proses


Banyak orang yang masuk ke dunia blogging mengira akan menerima dampak langsungnya bagi bisnis mereka. Visibilitas mesin pencari dan traffic akan meningkat, lalu mereka menerima banyak uang. Tapi tidak seperti iklan pay per click, membangun blog yang membangun bisnis Anda butuh waktu dan usaha. Coba rencanakan menulis 2 atau 3 post per minggu selama 6 bulan untuk mendapat hasil yang diharapkan, atau lebih banyak bila mereka ada di industri yang kompetitif.

Ini berarti lebih dari sekedar menulis, Anda juga perlu menulis post yang kaya kata kunci dengan cara persuasif, judul yang menarik yang akan dibaca, dijadikan tautan, dan dibagikan ke media sosial.

Struktur Postingan Blog


Cara Anda menyusun blog post bisa memiliki dampak besar pada keberhasilan blog. Bila sebuah blog post terstruktur dengan baik, ini membantu dari segi SEO dan juga membuat post lebih mudah dibaca. Sertakan gambar fitur, dan tambahkan lebih banyak gambar di post. Sub headline juga banyak membantu, baik untuk SEO dan keterbacaan. Dua tips sederhana ini bisa membuat perbedaan besar pada keterbacaan blog post Anda.

Fokus pada Kuantitas Bukan pada Kualitas


Banyak blogger fokus pada kuantitas daripada kualitas dan ini adalah sebuah kesalahan besar. Ada teori yang menyatakan Anda perlu blogging beberapa kali dalam seminggu untuk membuat blog selalu terlihat segar, baik dari perspektif konsumsi manusia dan juga dari perspektif mesin pencari.

Butuh waktu untuk meriset, menulis, dan mengedit blog post yang bagus dan mendalam. Kecuali Anda perusahaan besar dengan tim penulis profesional, tidak ada cukup waktu dalam sehari untuk melakukan ini dengan baik, karenanya banyak blog muncul dengan materi yang di bawah standar.

Tulisan yang Buruk


Tujuan blogger sama dengan penulis lainnnya, untuk memperoleh dan mempertahankan pembaca. Semakin banyak pembaca, semakin baik. Tapi ada satu cara yang membuat pembaca reguler dan potensial pergi, yaitu tulisan yang buruk.

Dengan kemudahan akses untuk menciptakan blog saat ini, pentingya tulisan bagus dalam terbitan telah banyak hilang. Memang sering ditemukan kesalahan format, ejaan, dan tata bahasa di blog post dan artikel yang diterbitkan secara online.

Kesalahan ini tidak hanya membuat postingan sulit dan tidak enak dibaca, tapi juga membuat intinya sulit tersampaikan, dan akhirnya membuat pembaca mengaggap blogger tidak profesional. Tentu tulisan yang baik lebih dari sekedar kalimat yang strukturnya benar dan telah diperiksa ejaannya. Tulisan yang bagus memiliki inti dan bisa diakses, dengan kata lain mudah dibaca dan dipahami. Gunakan spell check, luangkan waktu untuk meriset ide, fakta, dan konsep yang Anda tidak yakin, dan yang paling penting baca kembali tulisan sebelum diterbitkan.

Headline Jelek


Headline yang buruk bisa menyebabkan traffic yang buruk. Judul jadi bagian yang menarik pembaca ke konten, jadi harus menarik perhatian. Yang biasa dilakukan blogger baru adalah mereka tidak memberi kejelasan tentang isi postingan, atau mereka terlalu berusaha keras untuk jadi cerdas atau lucu, sayangnya ini tidak berhasil.

Semakin spesifik Anda tentang subjek yang ditulis, akan lebih baik. Ini tidak hanya memberi pembaca informasi lebih tentang seberapa berharga postingan Anda untuk mereka, tapi juga meningkatkan kemungkinan peringkat post di mesin pencari karena kompetisi yang kurang untuk istilah yang Anda gunakan.

Sebisa mungkin buat headlines yang pendek, tapi tetap deskriptif. Jangan gunakan 10 kata bila Anda bisa mengatakannya dalam  7 kata. Google membatasi judul hingga 70 karakter jadi Anda harus selalu membuat judul di bawah jumlah ini.

Editan yang Kurang Baik


Pada banyak blog, baik yang baru atau lama, Anda bisa tahu kalau kontennya tidak diedit sama sekali, bahkan terlihat seperti diterbitkan segera setelah ditulis. Blog post yang tidak diedit atau sembarang diedit dengan masalah struktur bahasa, kalimat tidak efektif, penggunaan kata yang tidak perlu, dan sebagainya, menciptakan pengalaman membaca yang buruk dan hal ini mengkomunikasikan kalau Anda tidak memperhatikan hal rinci.

Tiap orang membuat kesalahan, dan blogger tidak terlepas dari hal ini. Apa yang menurut Anda jadi kesalahan terbesar dan paling umum yang dilakukan blogger? Dan kesalahan apa yang Anda perbuat sebagai blogger? Semoga tips tentang blogging di atas bermanfaat.

Sumber Inspirasi » » »
https://www.dewaweb.com/blog/tips-blogging-dan-kesalahan-yang-harus-dihindari-blogger-pemula/
  • Deskripsi

  • Tag

    blogging tips and trick